OtomotifCara Merubah Suara Knalpot Standar Jadi Ngebas

Cara Merubah Suara Knalpot Standar Jadi Ngebas

Jika Anda tidak ingin mengeluarkan uang lebih hanya untuk membeli sebuah knalpot racing. Biasanya, pengendara motor yang menginginkan knalpot ngebas harus membeli jenis racing terlebih dahulu, tapi karena peraturan pemerintah terbaru yang tak memperbolehkan knalpot racing di jalanan umum, sehingga banyak orang yang membuat sendiri suara knalpotnya jadi ngebas.

Namun, apabila Anda sudah membeli knalpot racing dan takut kena tilang karena mengeluarkan suara yang sangat berisik, jangan khawatir karena kami akan memberitahukan cara membuat knalpot racing tidak berisik. Langsung saja, berikut ini cara merubah suara knalpot standar jadi ngebas.

1. Bobok Knalpot
Langkah awal yang bisa Anda lakukan ialah bobok pada knalpot bawaan motor. Namun sebelum itu, Anda perlu perhatikan pada saat ingin membobok knalpot ialah suara yang seperti apa Anda inginkan nantinya. Sebab biasanya ketika membobok knalpot ada dua pilihan yaitu ada yang memakai glaswool dan ada yang tidak.

Kalau Anda ingin memakai glasswool, maka suara lebih empuk dan ngebas. Namun, ribetnya Anda harus rajin mengganti komponen tersebut. Dan jika tidak menggunakan glaswool, maka Anda tak perlu repot lagi menggantinya, tapi suara yang dihasilkan tak begitu ngebas.

Pada umumnya, di dalam silencer knalpot standar mempunyai beberapa ruang yang dipisahkan oleh sekat-sekat yang berguna untuk meredam gelombang suara dari ledakan saat proses pembakaran terjadi pada mesin agar bunyi knalpot tak terlalu keras. Namun hal ini akan menimbulkan efek tendangan balik terlalu besar sehingga performa mesin diputaran tengah-tinggi menjadi kurang bertenaga.

2. Ganti Pipa Knalpot
Setelah Anda membobok knalpot, maka Anda bisa sekalian mengganti pipa knalpotnya. Tujuan dari pergantian ini ialah supaya sisa-sisa pembakaran bisa lebih mudah keluar dan tenaga motor menjadi lebih maksimal. Namun jangan sampai ukuran pipanya terlalu besar dan perlu Anda sesuaikan dengan cc mesin motor.

Untuk motor bebek 100 cc hingga 125 cc, Anda cukup mengganti dengan pipa yang berdiameter sekitar 2 mm lebih besar dari standarnya. Sementara untuk tipe motor sekelas Suzuki Satria Fu dan Honda Tiger, Anda bisa membuatnya lebih besar sekitar 3 mm hingga 4 mm dari ukuran standarnya.

3. Menutup Mulut Knalpot
Cara terakhir adalah dengan memasang tutup di bagian mulut knalpot. Namun, ada yang harus diperhatikan yaitu pada teknik penutupannya. Anda tidak perlu menutup rapat semua, tapi knalpot harus tetap dikasih lubang untuk dibagian tengahnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

TERPOPULER

TERBARU

ARTIKEL TERKAIT