OtomotifCara Memasang Super Kips Secara Benar

Cara Memasang Super Kips Secara Benar

Belakangan ini, Kawasaki Ninja mengadopsi sistem kips pada blok untuk pembuangan gasnya. Sebuah inovasi terbaru yang disematkan untuk desain motor bermesin 2 tak atau 4 tak, demi menghasilkan kendaraan yang ramah gas buang emisi.

Berkat adanya super kips ini, motor dapat mengurangi polusi udara dan menambah laju kecepatan dari saluran buangnya. Dilihat dari pentingnya fungsi komponen tersebut, maka pengguna motor harus merawat super kips agar tidak macet.

Super KIPS atau Kawasaki Integrated Powervalve System dapat dikatakan sebagai sistem pemanfaatan katup yang mengatur penutupan dan pembukaan dari lubang pembuangan, sehingga gas pembuangan tersebut dapat berlangsung sempurna saat RPM tinggi. Sebaliknya, pada RPM rendah akan menghindari terbuangnya campuran bensin dan udara yang baru masuk ke ruang pembakaran dari katup.

Setelah mengetahui kegunaan dan fungsi utama dari super kips, Anda juga harus mengetahui bagaimana cara memasang superkips dengan baik dan benar, terlebih lagi jika Anda ingin memperbaiki super kips yang sudah macet ataupun rusak. Mungkin bagi para ahli, pemasangan mekanisme super kips sangatlah mudah, namun tidak untuk para newbie otomotif yang ingin membongkar pasang super kips motornya sendiri.

Agar tidak kebingungan, berikut ini cara memasang super kips secara benar dan mudah.

Cara Memasang Super Kips
– Pastikan terlebih dahulu lubang super kips pada silinder blok dalam keadaan bersih. Semprotkan menggunakan karbu cleaner, lalu dilap.
– Jika lubang liner sudah bersih, jangan dimasukkan terlebih dahulu batang super kips. Anda bisa mengolesinya dengan oli. Jika sudah, masukkan batang super kips di bagian Left liner.
– Setelah batang super kips yang Left sudah masuk, posisikan komponen ke kanan dan ke kiri secara berulang-ulang supaya tidak macet dan enteng karena baru dipasang. Jika agak susah, silahkan Anda memakai palu untuk mengetok batang super kips supaya tidak ada GAP ketika pemasangan.
– Kencangkan baut L5 pada bagian super kips dan putarlah searah dengan arum jam. Jangan terlalu kencang memutarnya karena baut bisa dol.
– Untuk pemasangan bagian Left sudah selesai. Untuk pemasangan yang bagian R atau Right sama dengan langkah-langkah di atas.
– Jangan lupa untuk melihat pada penggerak mekanisme super kips, karena masing-masing antara bagian L dan R memiliki titik. Titik itu harus saling bertemu saat pemasangannya.
– Jika sudah selesai dan pemasangan super kips rambung, silahkan pasang cover super kips dengan menggunakan 2 baut dengan cara memutarkannya searah jarum jam.
– Setelah cover terpasang, pemasangan pengait super kips inilah yang harus dilakukan dengan hati-hati. Lihat di ujung pengait, ada satu titik dan dibagian mekanisme superkips yang R ada dua titik. Ketika pemasangan bagian di pengait super kips harus terletak di tengah-tengah antar dua titik batang super kips R.
– Kemudian, pasang mur pengikat di pengait super kips. Ingatlah untuk memutarnya berlawanan arah jarum jam dan jangan terlalu kencang ketika memutar mur.
– Selesai.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

TERPOPULER

TERBARU

ARTIKEL TERKAIT