OtomotifTips Membeli Mobil Keluarga Pertama Kali

Tips Membeli Mobil Keluarga Pertama Kali

Mobil tipe Multi Purpose Vehicle (MPV) sangat dibutuhkan untuk menunjang aktivitas keluarga baru, apalagi saat mereka ingin meluangkan waktu bersama. ketika liburan pasti membutuhkan mobil yang mempunyai kapasitas penumpang yang ekstra.

Memiliki fungsionalitas yang beragam, mobil tipe MPV sangat direkomendasikan untuk mobil keluarga, mobil MPV memiliki kapasitas penumpang yang banyak sehingga bisa digunakan untuk mengajak keluarga berlibur, mobil tipe MPV juga bisa dipakai untuk di perkotaan.

Namun, mobil jenis sedan atau hatchback juga bisa dipilih sebagai mobil keluarga kecil. Tipe SUV pun bisa jadi pilihan.

Bagi keluarga baru yang ingin membeli mobil keluarga ada beberapa tips yang harus diperhatikan. berikut Tips Membeli Mobil Keluarga untuk Pertama Kalinya

Tips Membeli Mobil Keluarga untuk Pertama Kalinya

1. Sesuaikan Rencana ke Depan dengan Keluarga
keluarga baru biasanya memiliki perencanaan. Apakah Anda ingin mempunyai satu anak atau lebih tergantung perencanaan keluarga.

Sebelum memutuskan untuk membeli mobil, ada baiknya Anda menyesuaikan pilihan mobil dengan rencana masa depan Anda. rencana ingin mempunyai anak lebih dari satu tentu saja membutuhkan mobil yang lebih besar juga.

Jika satu keluarga memiliki tiga anggota misal (ayah, ibu dan satu anak), menggunakan mobil kecil berkapasitas 4 orang sudah cukup. Atau jika ingin mengajak keluarga besar Anda, pilihlah mobil yang memiliki kapasitas 7 orang penumpang. Jadi, pilihlah jenis mobil sesuai dengan rencana kedepan keluarga Anda.

2. Membuat Daftar Pilihan
Sudahkah menyesuaikan rencana? Saatnya membuat list pilihan jenis mobil yang dibutuhkan.

Ada beberapa tipe kendaraan yang cocok untuk kebutuhan keluarga, mulai dari jenis hatchback, sedan, SUV hingga MPV. Berbagai jenis mobil itu bisa untuk keluarga kecil maupun keluarga besar.

Banyaknya model dari berbagai brand mobil mungkin membuat bingung. Sebelum membeli, disarankan untuk berdiskusi tentang pilihan Anda dengan teman, kenalan atau orang asing yang paham tentang seluk beluk mobil. Anda bisa sharing melalui forum online untuk mendapatkan rekomendasi pilihan mobil keluarga yang tepat.

Selanjutnya, sesuaikan harga mobil yang Anda inginkan dengan uang Anda. Apakah cukup untuk membeli mobil baru tersebut? Atau hanya membeli mobil tangan kedua atau second. Jika cukup, model manakah yang harganya sesuai dengan uang Anda?

Saat ini sudah banyak perusahaan-perusahaan pembiayaan yang memberikan keuntungan untuk pembelian mobil baru maupun mobil bekas. Sebaiknya pelajari terlebih dahulu dasar-dasar jasa pembiayaan.

Untuk menyesuaikan dengan tabungan Anda, jangan lupa menyertakan biaya asuransi mobil dalam anggaran Anda.

3. Pelajari Fitur yang Bersahabat untuk Keluarga
Bagi keluarga baru yang baru memiliki anak, carilah mobil yang dilengkapi fitur keamanan untuk anak. Cari tahu apakah mobil yang Anda pilih dilengkapi dengan kursi keselamatan anak dan beberapa perlengkapan anak yang lain.

Hal yang penting lain adalah apakah pada semua baris kursi pada mobil baru itu mudah untuk dijangkau atau tidak dan nyaman atau tidak. Anda juga membutuhkan mobil dengan bagasi yang besar agar bisa menampung banyak barang. Bagasi yang besar yaitu minim harus bisa menampung stroller, boks portable dan keperluan keluarga lainnya.

Selain itu, tanyakan fitur keamanan dan keselamatan. Termasuk juga hasil penilaian tes kecelakaan, seberapa aman mobil pilihan Anda saat dites terhadap benturan atau tabrak. Namun, mobil dengan fitur yang istimewa tentu dibanderol dengan harga lebih tinggi.

4. Tes Jalan
Jika sudah menentukan pilihan, Jangan terburu-buru untuk membeli. Sebaiknya kunjungi dealer terdekat untuk uji coba mobil idaman itu sebelum Anda membelinya. Pertimbangkan terlebih dahulu apakah mobil pilihan Anda sudah sesuai.

Selama uji coba mobil, jangan berfokus pada bagaimana mengendarai mobil. Tetapi juga hal-hal lain misalnya kenyamanan mobil dan buktikan kelengkapan fitur yang ada pada mobil baru pilihan Anda.

Nah, dengan melakukan tes jalan sendiri, sekarang Anda dapat menentukan mobil manakah yang cocok untuk dibeli. Lakukan pengujian yang sama pada mobil yang ada pada daftar pilihan Anda.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

TERPOPULER

TERBARU

ARTIKEL TERKAIT