TeknologiPenyebab CCTV Mati dan Cara Memperbaikinya

Penyebab CCTV Mati dan Cara Memperbaikinya

CCTV merupakan alat yang cukup vital dalam meningkatkan pengawasan suatu area, sehingga bisa menimbulkan rasa aman bagi penggunanya. Namun bagaimana jadinya bila CCTV yang begitu diandalkan itu mati dan mengakibatkan fungsi pengawasannya tak berjalan semestinya? Tentu darurat sekali ya.

Nah bagi teman-teman yang sedang mengalami kejadian serupa yaitu CCTV mati, berikut ini beberapa penyebab CCTV mati dan cara mengatasinya.

1. DVR mati/rusak
DVR itu bagian utama dari CCTV. Jika tidak berfungsi baik maka semua system CCTV tidak dapat berjalan dengan sewajarnya. Jika DVR mati atau, gejala yang timbul adalah biasanya DVR tidak bisa loading dan hanya berhenti di logonya saja atau tidak munculnya gambar pada monitor secara keseluruhan sehingga hanya blank hitam saja.

Untuk mengatasinya Anda dapat memperbaikinya di tempat service atau menggantinya dengan yang baru. Bila masih terdapat garansi bisa diklaimkan di tempat toko tempat anda membeli. Pastikan perawatan DVR dilakukan secara rutin.

2. Kabel HDMI atau VGA rusak
Biasannya istalasi CCTV mengunakan kabel HDMI atau VGA sebagai media penghubung antara mesin DVR ke media output gambar yaitu monitor atau TV. Apabila monitor atau TV sama sekali tidak menampilkan gambar dari CCTV dan kondisi DVRnya dalam keadaan beroperasi dan tidak ada tanda-tanda kerusakan bisa jadi kabel HDMI atau VGA yang dipakai rusak dan perlu diganti.

3 Kabel power Adaptor/Power Supply CCTV & DVR terlepas dari setop kontak
Meskipun ini terlihat sepele akan tetapi vital akibatnya, jika Kabel power supply CCTV & DVR terlepas dari setop kontak bisa mengakibatkan CCTV dan DVR mati karena tidak tersuplai daya. jadi pastikan lagi setiap kabel power terpasang dengan baik atau tidak.

4. Power Supply/Adaptor
Camera CCTV menggunakan Adaptor atau power supply sebagai sumber tegangan, jika adaptor afau power supply mati maka otomatis Camera CCTV tidak dapat berjalan dengan baik dan tidak dapat menampilkan gambar (blank hitam) karena tidah tersuplai tegangan yang ia butuhkan.

Untuk mengatasi masalah seperti ini bisa cek kondisi adaptor atau power supply menyala atau mati bila diperlukan dapat dicek dengan menggunakan alat yang bernama multitester. Apabila adaptor mati anda dapat langsung menggantinya dengan yang baru.

5. Camera CCTV mati/rusak
Bila CCTV mati/rusak secara otomatis gambar yang dihasilkan dari DVR ke monitor juga ikut mati. Tanda tanda cctv mati bisa diketahui dengan cara mengecek kamera CCTV secara langsung mengunakan alat CCTV tester apabila gambar muncul tandanya CCTV dalam keadaan baik dan masih bisa digunakan.

6. Port Konektor Rusak
Setelah pengecekan pada adaptor, camera dan dvr tidak bermasalah dan masih terjadi video hilang atau gambar mati, segera lakukan pengecekan pada Konektor di setiap CCTV yang mati, pastikan konektor tertancap dengan benar dan tidak lepas disetiap CCTV dan di bagian DVR.

7. Kabel CCTV atau Power Putus
Apabila semua langkah diatas sudah dilakukan namun CCTV kamu masih mati kemungkinannya jalur instalasi kabelnya yang bermasalah bisa jadi terkelupas ataupun putus.

Cara paling tepat mengatasi masalah ini adalah dengan memeriksa secara keseluruhan jalur instalasi apakah ada yang terkelupas atau putus, jika memang ditemukan kabel yang rusak silahkan ganti dengan yang baru dengan disambung dibagian yang rusak saja.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

TERPOPULER

TERBARU

ARTIKEL TERKAIT