WisataPulau Gili Gede, Nusa Tenggara Barat

Pulau Gili Gede, Nusa Tenggara Barat

Gili Gede adalah sebuah pulau kecil yang terletak 500 meter ke barat laut Pulau Lombok. Pulau Gili Gede memiliki panjang 4 km. Pulau ini adalah pulau terbesar di daerah Sekotong, pada bulan Juni 1994 pulau ini diadakan lomba lintas negara Gili Gede 10 km.

Di pulau besar Gili ada sekolah dasar dan menengah satu atap (SPDT 13 Lombok Barat) dan ada 4 masjid, pada tahun 2012 pulau ini diresmikan menjadi desa pulau, termasuk Gili Gede, Gili Layar dan Gili rengit. Dengan populasi 1.000 jiwa dari 550 keluarga, Gili Gede memiliki 5 dusun yaitu dusun gili utama atau biasa disebut pegametan, dusun Gedang Siang, Dukuh Tanjungan, Labuan Cenik, dan Buccal Orong. Sementara itu, mata pencaharian rata-rata orang-orang yang mendiami pulau adalah nelayan.

Melaui pulai Gili Gede, para wisatawan akan menyaksikan garis pantai yang menjauh dan melebur bersama garis batas langit biru. Bila para wisatawan berjalan lebih jauh untuk menyusuri pantai, maka mereka akan menyaksikan susunan perairan dan daratan yang terbentuk secara eksotis.

Kawasan wisata ini tergolong bersih dan nyaman, sehingga bisa membuat pengunjung merasa nyaman untuk duduk bersantai atau menyisiri garis pantai. Pulau ini juga menyimpan kawasan perairan yang sangat jernih yang dapat membuat para pengunjung berdecak kagum.

Dalam jarak pandang sampai sekitar enam meter, pantulan sinar matahari semakin menampilkan bentuk perairan yang sangat jernih. Pemandangan nan eksotis ini akan lebih jelas, apabila pengunjung berjalan sedikit ke atas. Lokasi perairan pada Pulau Gili Gede yang paling jernih terletak di bagian barat pulau tersebut.

Bentuk perairan di pulau ini berbentuk agak miring, dan tergolong wilayah perairan yang memiliki arus sedang. Akan tetapi, bila menjelang sore hari, arus agak lebih deras.

Akses Menuju Lokasi

Untuk dapat menikmati pemandangan alam nan rupawan di Gili Gede, maka para wisatawan harus mendarat di bandara Lombok Tengah. Setelah itu,mereka harus lanjutkan perjalanan melalui jalur darat menuju kota Mataram.

Waktu tempuh yang diperlukan anatara Lombok Tengah dan Mataram sekitar setengah jam. Sampai di Mataram, lanjutkan lagi ke arah Kabupaten Lombok Barat yang kira-kira sekitar dua puluh menitan.

Baru dari Lombok Barat kita lanjutkan ke arah Sekotong dengan jalur daratakan memakan waktu sekitar satu setengah jam. Sebenarnya, tersedia alur perjalanan yang lebih cepat, yaitu dengan menggunakan jalur laut yang hanya akan memakan waktu setengah jam, tanpa melakukan transit.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

TERPOPULER

TERBARU

ARTIKEL TERKAIT