FinansialTips Beli Mobil Sesuai Kemampuan Finansial

Tips Beli Mobil Sesuai Kemampuan Finansial

Memiliki mobil bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan mengingat harganya yang terbilang mahal. Selain rumah, mobil adalah salah satu pembelian terbesar yang umumnya dilakukan oleh banyak orang.

Kredit mobil sekalipun juga tetap dikategorikan sebagai pembelian mobil. Ya, walau pembayarannya melalui sistem cicilan, namun tetap saja kredit merupakan salah satu alternatif membeli mobil.

Lalu bagaimana sih cara untuk membeli mobil namun disesuaikan dengan anggaran yang dimiliki?

1. Tentukan Jenis Kendaraan yang Ingin Dibeli
Pertama, tentukan jenis mobil yang Anda inginkan. Kendaraan bekas seringkali lebih murah jika Anda memiliki anggaran terbatas. Namun, ada baiknya jika Anda membeli mobil yang baru karena ada garansi dan lebih tahan lama.

Selain itu, keuntungan dari kendaraan baru adalah sering datang dengan lebih banyak penawaran diskon dan promo yang dapat menurunkan harga. Tentukan merek dan model yang Anda inginkan karena itu merupakan faktor besar dalam membeli sebuah mobil.

Setelah Anda mengetahui jenis mobil yang Anda inginkan dan jumlah rata-rata biayanya, putuskan berapa uang muka yang ingin Anda bayarkan. Semakin banyak uang muka, semakin sedikit cicilan yang harus dibayarkan setiap bulan.

Gunakan kalkulator pinjaman untuk memutuskan berapa banyak yang ingin Anda hemat dan dialokasikan ke uang muka. Anda juga bisa mendapatkan gambaran tentang berapa kira-kira uang yang dibayarkan setiap bulannya.

2. Pertimbangkan Anggaran yang Dimiliki
Anda mungkin ingin memiliki mobil terbaru dan terbaik. Tapi bukan berarti Anda harus merogoh kocek lebih dari yang Anda mampu untuk mendapatkan mobil dengan interior kulit, moonroof, dan fitur mewah lainnya. Hal yang lebih penting ketika membeli mobil adalah sesuaikan dengan anggaran.

Mulailah dengan mempertimbangkan berapa banyak penghasilan Anda dan berapa angka realistis yang bisa Anda beli. Misalnya, jika Anda hanya mampu membayar Rp 4 juta per bulan untuk cicilan per bulan, maka jangan membeli kendaraan yang akan dikenakan biaya Rp 6 juta per bulan.

3. Cari Mobil yang Hemat Bahan Bakar
Membeli mobil tidak hanya mahal di awal, ya! Uang muka hanya sebagian dari biaya. Biaya asuransi, bensin dan perawatan juga merupakan bagian dari pembelian mobil, dan tentu saja semua biaya tersebut mahal.

Untuk menghemat uang dalam jangka panjang, cobalah mencari mobil dengan fitur yang hemat bahan bakar. Harga bahan bakar semakin mahal dan berpotensi naik dalam beberapa tahun. Anda dapat menghemat uang jika bisa mencari mobil dengan bahan bakar yang hemat.

4. Rutin Menabung Untuk Uang Muka
Ketika ingin membeli mobil baru, Anda harus membayar uang muka atau DP. Nah, DP ini adalah uang yang Anda bayar di muka untuk pembelian Anda. Setelah itu, membayar sisa biaya dengan sistem kredit.

Kumpulkan uang yang dibutuhkan untuk uang muka. Jangan tergoda dengan dealer yang menawarkan DP 0% untuk beli mobil karena semakin sedikit uang muka, semakin besar cicilan dan bunga disetiap bulannya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

TERPOPULER

TERBARU

ARTIKEL TERKAIT