KesehatanMengerikan! Bahaya Mengonsumsi Mie Instan Terlalu Sering

Mengerikan! Bahaya Mengonsumsi Mie Instan Terlalu Sering

Mie instan adalah salah satu jenis makanan yang sebelumnya telah melalui proses pengolahan. Proses pengolahan tersebut meliputi makanan yang telah diubah dari bentu asli menjadi bentuk baru untuk menghasilkan kenikmatan atau alasan kesehatan dan alasan tertentu lainnya.

Proses yang terjadi seperti proses pendinginan, pemasakan, pemanasan dan pengeringan. Dalam proses pengolahannya dipastikan ada penambahan garam, gula, lemak serta penambahan penyedap rasa untuk memberikan rasa yang lebih nikmat.

Selain penambahan rasa, pemberian zat pengawet kimia sudah pasti dilakukan agar makanan lebih awet dan dapat disimpan dalam jangka waktu lebih lama. Dari proses pengolahan tersebut terkait penambahan bahan-bahan lain dan proses kimia yang tidak baik untuk kesehatan, maka dapat dipastikan kandungan nutrisi didalamnya pun tentu tidak banyak.

Terlebih lagi jika dikonsumsi terlalu sering maka sangat berbahaya bagi tubuh kita. Lalu apa saja bahaya mie instan untuk kesehatan? Berikut ini beberapa bahaya mie instan untuk kesehatan.

Bahaya Mie Instan untuk Kesehatan

Mie instan memang menjadi salah satu makan favorit bagi sebagian besar masyarakat Indonesia. Namun sebelum terlalu sering mengkonsumsi mie instan, kita terlebih dahulu ketahui lebih lanjut tentang bahaya terlalu sering mengkonsumsi mie instan.

1. Junk Food
Mie instan termasuk salah satu makanan junk food yang tidak dapat menggantikan makanan bernutrisi. Makanan junk food dikenal memiliki banyak karobohidrat namun tdak memiliki kandungan vitamin, mineral dan kandungan serat. Mie instan menganding banyak lemak jenuh dan lemak trans serta padat kalori yang memberikan efek negatif pada kesehatan.

2. Tinggi Natrium
Mie instan tinggi akan kandungan natrium yang jika dikonsumsi secara berlebihan dapat menyebabkan hipertensi, penyakit jantung, stroke, dan kerusakan ginjal. Untuk itu segera hindari mengkonsumsi mie intsan.

3. Tinggi MSG
Mie instan mengandung Monosodium glutamate (MSG) yang digunakan untuk meningkatkan rasa mi, sedangkan terdapat sekitar 1-2% dari populasi alergi terhadap MSG. Orang-orang yang alergi MSG biasanya akan memicu seperti rasa terbakar, panas di dada, kemerahan pada wajah, atau nyeri dan sakit kepala.

4. Penyebab Kanker
Saat ini banyak beredar bahwa terdapat mie instan yang dilapisi oleh lilin, yang menjadi sebab mengapa mie instan tidak pernah lengket satu sama lain. Lilin yang menumpuk dalam tubuh dapat membahayakan kesehatan karena tubuh lebih butuh banyak waktu untuk mencerna lilin tersebut.

Dengan terlalu sering mengkonsumsi mie instan maka akan terlalu banyak lilin yang menumpuk pada tubuh yang dapat menyebabkan timbulnya kanker dalam tubuh, kanker usus, dan leukimia. Bumbu pada mie instan juga mengandung banyak zat adiktif seperti MSG yang juga memicu kanker dalam tubuh.

5. Chinese restaurant syndrome
Chinese restaurant syndrome adalah efek keracunan yang disebabkan oleh MSG pada bumbu mie isntan. Bagi beberapa orang yang tidak tahan dengan MSG akan merasa pusing dan sesak nafas.

6. Keguguran
Terdapat beberapa kasus yang menyebabkan wanita mengalami keguguran yang dikarenakan efek kandungan bumbu dan pengawet pada mie instan sehingga mempengaruhi perkembangan janin.

7. Gangguan pada metabolisme tubuh
Konsumsi mie instan secara berlebihan dalam jangka panjang dapat mempengaruhi metabolisme tubuh, yang disebabkan penumpukan dari zat-zat kimia beracun seperti pewarna makanan, pengawet dan zat adiktif karena terlalu sering mengkonsumsi mie instan.

8. Merusak jaringan otak
Terus menerus terlalu sering mengkonsumsi mie instan sama saja membiarkan penumpukan zat-zat kimia berbahaya dalam tubuh yang memiliki efek merusak sel-sel jaringan pada otak. Sehingga menggakibatkan menurunnya transmisi sinyal dalam otak. Selain itu kerusakan jaringan otak dapat memicu munculnya penyakit penyakit lain seperti stroke dan kelemahan.

9. Obesitas
Mi instan adalah salah satu penyebab utama obesitas, hindari mie instan karena mengandung sejumlah besar lemak dan natrium yang menyebabkan retensi air dalam tubuh.

10. Kerusakan hati
Mengkonsumsi mie instan terlalu sering dapat menyebabkan kerusakan pada organ hati. Salah satu zat berbahaya pada mie instan adalah Proplene Glycol yang dapat merusak dan mengganggu kerja hati.

11. Kelaian gagal ginjal
Selain dapat merusak organ hati, kandungan Proplene Glycol juga dapat mengganggu kerja ginjal yang menjadi salah satu organ vital dalam tubuh kita sehingga memicu masalah gagal ginjal.

12. Diabetes
Mie instan memiliki cita rasa gurih karena mengandung banyak gula yang secara tidak langsung terserap oleh tubuh sehingga dapat menyebabkan penyakit diabetes.

13. Menggangu sistem hormon pada wanita
Jika dikonsumsi secara berlebihan, kandungan sodium dalam mie instan dapat berbahaya karena mengganggu hormon wanita yang dapat menyebabkan jadwal mesntruasi menjadi tidak lancar dan menimbulkan jerawat.

14. Mengganggu hormon seks pada pria
Jika pada wanita dapat mengganggu jadwal menstruasi, pada pria yang mengkonsumsi mie instan secara berlebihan dapat mengganggu hormon pria dalam masalah seks karena mereka tidak dapat mengontrol gairah seks mereka.

15. Menghambat penyerapan nutrisi
Mie instan dapat menghambat penyerapan nutrisi dalam tubuh, sehingga jika kita terlalu sering mengkonsumsi mie instan, tubuh akan kekurangan asupan nutrisi dengan baik.

16. Mengganggu pencernaan
Karena menghambat penyerapan nutrisi, maka akan membuat pencernaan dalam tubuh ikut terganggu. Pencernaan yang baik membutuhkan asupan nutrisi dan mineral yang banyak dari dalam tubuh, jika anda terlalu sering mengkonsumsi mie instan maka sudah dipastikan anda memiliki masalah pencernaan yang tidak baik.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

TERPOPULER

TERBARU

ARTIKEL TERKAIT