KesehatanCara Mengatasi Anak Susah Tidur

Cara Mengatasi Anak Susah Tidur

Si kecil terkadang memiliki masalah susah tidur? Apalagi jika si kecil sudah sibuk bermain dengan teman-temannya. Namun, terkadang susah tidur juga dapat menghinggapi si kecil.

Tidak hanya orang dewasa saja, pada anak-anak mungkin lebih terlihat dengan sikap mereka yang tiba-tiba rewel. Bahkan dengan paksaan pun terkadang orang tua tidak mempan mengatasinya.

Nah, untuk itu simak cara berikut ini agar si kecil dapat tidur di waktu yang tepat dan tidak mengalami kesulitan dalam prosesnya.

Cara Mengatasi Anak Susah Tidur

1. Berikan Pijatan Lembut
Pegal di badan akibat bermain seharian kadang memicu anak menjadi susah tidur. Sehingga untuk mengatasi penyebab tersebut, yakni beraktifitas di luar rumah bersama dengan teman-temannya adalah dengan memberikan pijatan lembut pada kaki, tangan, bahu, dan punggung si kecil.

Pijatan lembut dari ibu dan efek hangat dari baby oil yang ibu gunakan untuk memijat si kecil akan membuat rileks tubuh anak dan menenangkan kekauan pada otot-otot tubuh. Untuk mencegah kejadian susah tidur karena terlalu pegal bermain, ibu bisa membatasi aktifitas si kecil dalam bermain.

Namun, bukan berarti harus melarang si kecil bermain. Batasi jam nya agar si kecil memiliki waktu istirahat yang cukup.

2. Pastikan Anak Tidur dalam Kondisi Nyaman dan Bersih
Penyebab anak menjadi rewel dan tidak mau tidur biasanya adalah kondisi badan dan sekitarnya yang tidak nyaman. Baju yang bau dan basah oleh keringat serta popok yang penuh kadang mengganggu kenyamanan anak ketika hendak istirahat.

Oleh karenanya, untuk mengatasi penyebab anak susah tidur karena faktor kebersihan dan kenyamanan tersebut, upayakan popok yang digunakan anak bersih dan baru, begitu juga dengan pakaian dan tempat tidurnya

3. Bacakan Cerita Anak
Membacakan cerita pada anak juga sangat ampuh untuk mengatasi si kecil yang susah tidur. Suara ibu yang akrab di telinga si kecil akan merilekskan tubuh si kecil. Selain itu, dengan membacakan cerita anak bunda juga dapat mendorong si kecil untuk berimajinasi

4. Mendampinginya
Terkadang, penyebab anak menjadi sulit tidur adalah karena tidak dirasakannya orang tua di sekitar. Perasaan cemas dan takut inilah yang kemudian menjadi pemicunya.

Oleh karena itu, keberadaan ibu atau ayah dan siapapun yang dikenal oleh si kecil akan dapat mengatasi masalah anak yang susah tertidur tersebut. Dengan memberikan dekapan akan membuat si kecil tenang dan nyaman

5. Tetapkan Batas Waktu Istirahat
Cara lainnya untuk mengatasi anak susah tidur adalah dengan memberikan batasan waktu yang jelas. Kapan harus beraktifitas, dan kapan harus istirahat. Sehingga si kecil dapat tertib dan tidur pada waktu yang memang ditetapkan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

TERPOPULER

TERBARU

ARTIKEL TERKAIT